Tuesday, May 23, 2017

Toshiba luncurkan laptop tertipis dan teringan di dunia


Toshiba kembali ke pasar Indonesia, setelah vakum sekian lama. Pemain mobile computing khusus segmen bisnis atau enterprise ini meluncurkan laptop bisnis 2-in-1 tertipis dan teringan dunia di Jakarta, kemarin.
Laptop Portege X20W yang diklaim tertipis dengan 15,4 milimeter dan teringan 1,1 kilogram di dunia ini masuk pasar Indonesia, menyasar segmen korporasi besar dan multinasional.
Wu Tengguo, Managing Director Toshiba Singapore Pte Ltd, mengatakan Toshiba fokus di segmen korporasi ketimbang konsumer, sehingga Toshiba menawarkan produk dengan kualitas tinggi, keamanan tinggi, dan keandalan tinggi pula. Semua itu didukung oleh fasilitas manufaktur dan inovasi milik sendiri.
"Kami fokus ke high enterprise customer. Hig enterprise ini membutuhkan produk yang stabil berkualitas tinggi dan memenuhi standar IT mereka," ujar Tengguo saat memperkenalkan laptop Portege X20W di Jakarta, kemarin (22/5).
Dia mengaku laptop bisnis Toshiba sudah memiliki konsumen di Indonesia, seperti perusahaan besar dan multinasional. Mereka menggunakan Toshiba untuk manajemen setingkat direktur. Sayangnya, Tengguo tidak bersedia menyebutkan pangsa pasar Toshiba di Indonesia.
Untuk layanan purnajual, Toshiba memberikan garansi internasional 3 tahun dan on side service di kota-kota besar Indonesia, serta menyediakan service provider.
"On side service tersedia di kota-kota besar, dengan level support berbeda-beda. Misalnya jika problemnya ringan, cukup ditangani lewat bantuan telepon," ujarnya.
Secara spesifikasi, laptop bisnis tertipis dan teringan di dunia ini memiliki engsel dual-action emas 360 derajat, yang memungkinkan laptop ini diubah menjadi tablet atau notepad. Prosesornya Intel Core generasi 7 (U-series), dengan masa waktu baterai hingga 16 jam. Ada teknologi Toshiba step charge yang memberikan tambahan waktu penggunaan hingga 5 jam, hanya dengan pengisian daya selama 30 menit.
Dengan OS Windows 10 Profesional, laptop ini memiliki hard disk 256 GB untuk D-series. Sementara display-nya diagonal 12,5 inci, full HD (1920 x 1080), dengan multitouch wide viewing angle display. Diperkuat all new coring Gorilla Glass 4, laptop tertipis ini memiliki perlindungan layar tingkat tinggi.
Untuk keamanan, Toshiba menyertakan securePad dengan sensor sidik jari Synaptics Natural ID yang dipasang tepat di touchpad. Portege X20W ini juga dilengkapi dua kamera IR untuk mempermudah otentifikasi wajah melalui sign ini wajah Windows Hello. Juga ada fitur bawaan Toshiba BIOS, yang dilengkapi oleh modul keamanan tambahan, sehingga laptop ini lebih aman dari serangan malware, seperti ransomware wannacrypt yang terjadi baru-baru ini.
"Kami menggunakan BIOS buatan sendiri, bukan pihak ketiga, dengan kemampuan password hingga 50 karakter. Jadi lebih terjamin keamanannya," tambah Leong Chee Keong, Manager Enterprise Sales Lead Toshiba Singapore.
Di Indonesia, Toshiba Portege W20W didistribusikan oleh distributir Visiland. Sementara harga jual dibanderol mulai Rp 25 juta hingga Rp 31 juta, tergantung spesifikasinya.
Beberapa fitur unggulan lain yang disematkan di Toshiba Portege X20W, antara lain hybrid air cooling system dan speaker Harman Kardon untuk memanjakan telinga penggunanya.